·
Pengertiannya Manajemen Layanan Sistem Informasi:
Manajemen layanan
sistem informasi adalah suatu metode pengolahan sistem Teknologi
Informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen/pemakai
layanan TI terhadap bisnis perusahaan.Istilah manajemen layanan sistem
informasi tidak berasal dari suatu organisasi, pengarang, atau pemasok tertentu
dan awal penggunaan frasa ini tidak terlalu jelas kapan di mulainya.
Manajemen
Layanan TI atau manajemen layanan yang mempunyai dukungan besar dari TI / IT
service management or IT service support management( ITSM atau ITSSM) mengacu
pada pelaksanaan dan pengelolaan dari kualitas layanan TI yang memenuhi semua
kebutuhan bisnis. Layanan manajemen TI dilakukan oleh penyediaan layanan TI
melalui kombinasi yang sangat tepat dari teknologi, manusia, proses dan
informasi.
·
Manfaat dari Manajemen Layanan Sistem Informasi diantaranya:
1.
Memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan yang kita butuhkan
dan juga yang akan menerampilkan pendukung dalam sistem informasi. Hal ini
memudahkan kita dalam pengerjaan dan juga memudahkan dalam kita untuk
keterampilan dalam sistem informasi tersebut.
2.
Organisasi yang akan menggunakan sistem informasi sebagai
untuk mengelolah banyak transaksi yang kita butuhkan , mengurangi biaya atau
menghemat biaya dan juga bisa menghasilkan banyak pendapat untuk mereka semua.
Maka dari itu kita semua akan merasa lebih mudah dalam mengerjakan apapun
dengan layanan sistem informasi.
·
Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi:
Layanan sistem
informasi memiliki banyak peran yang sangat efektif dan juga sangat
penting bagi organisasi manapun. Layanan sistem informasi memliki banyak peran
juga dalam kegiatan – kegiatan bisnis yang sangat operasional, dan juga
menunjang oragnisasi agar dapat mengambil kesimpulan, dan juga banyak menunjang
keungulan strategi kompeitif dalam organisasi. Contohnya seperti membangun dan
pelayanan yang lebih baik lagi yang telah di sediakan oleh pelayanan sistem
informasi.
Peranan manajemen layanan sistem informasi
bagi lingkungan sekitar ialah sebagai berikut :
1.
Mendukung Operasional Bisnis.
Manajemen layanan sistem informasi menyediakan
dukungan dalam operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan
pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan sehari-hari.
2.
Mendukung Keunggulan Strategis.
Sistem informasi yang dirancang sedemikian
rupa dapat membantu mencapai sasaran mencapai sasaran yang dapat membantu
bersaing dengan perusahan-perusahaan lainnya.
3.
Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan
Untuk mengetahui selera konsumen serta peluang
pasar.
4.
Meningkatkan Aksebilitas Data
Data dapat diakses secara cepat dan on-time
dan akurat bagi pemakainya.
5.
Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara Global dan Menyeluruh
Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara
global serta melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar.
6.
Meningkatkan Efisiensi Kerja
Layanan sistem informasi berguna untuk
mengolah berbagai macam transaksi, menekan biaya dan menghasilkan pendapatan
sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
7.
Meningkatkan Daya Saing Bisnis
Dengan semakin meningkatnya persaingan,
manajemen layanan sistem informasi membantu sebuah perusahaan untuk bersaing di
pasar bebas karena manfaatnya bagi perusahaan itu sendiri.
Refrensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar